Cara Meluruskan Titik Dua Pada Form HTML

form lurus 

Dalam urusan web desain kita sering kali menjumpai masalah, terutama saat kita masih baru belajar. Kebanyakan masalah yang sering ditemui sekarang sudah ada pemecahannya dan yah kita tinggal searching langsung di google.

 tapi terkadang kita tidak tau nama atau keyword apa yang akan kita gunakan untuk menemukan pemecahan dari maslaah kita, Jadinya kita cuman nanya-nanya di grub-grub facebook atau di forum-forum, dan tak jarang pula kita malah di kacangin karna kita menananya pertanyaan yang sudah sering ditanyakan orang lain dan sudah pernah di jelaskan.

Hal serupa terjadi di grub Blogger Indonesia, Beberapa waktu lalu ada yang bertanya gimana cara membuat atau meluruskan tanda titik dua ( : ) di html atau di postingan Blog saat membuat sebuah form, contoh

Nama : Bang Johnes
Pekerjaan : Blogger

Dari contoh diatas titik duanya kan tidak lurus, jadi ada yang bertanya bagaimana supaya bisa lurus, masalahnya di Blog kalaupun kita sudah meluruskan secara manual yaitu menggunakan spasi, maka setelah di publish jadinya nggak lurus lagi, jadi harus masuk ke mode HTML.
dan ada dua cara agar bisa lurus:

1. Menggunakan Tabel

menggunakan tabel untuk meluruskan titik 2 maka akan tampil seperti di bawah ini 

Nama:Bang Johnes
Pekerjaan:Blogger

untuk kodenya seperti di bawah ini

<table border="2">
<tbody>
<tr><td>Nama</td><td>:</td><td>Bang Johnes</td></tr>
<tr><td>Pekerjaan</td><td>:</td><td>Blogger</td></tr>
</tbody></table>


Agar lebih rapi lagi maka ada baiknya bordernya dihilangkan saja, maka akan jadi seperti ini

Nama:Bang Johnes
Pekerjaan:Blogger

Nah sudah luruskan.

2. Menggunakan tag pre

Cara ke dua adalah menggunakan <pre> kalau pada contoh diatas menggunakan tabel terlihat cukup rumit untuk pemula atau yang tidak mengerti sama sekali tentang html.
baca : belajar HTML Lengkap
 maka  ada alternatif lain yaitu menggunakan tag pre, penggunaannya sangat mudah jauh lebih mudah dari menggunakan tabel, kalian tinggal tuliskan atau luruskan saja manual menggunakan spasi dan masukan kedalam tag pre, Untuk lebih jelasnya liat kode di bawah ini.



<pre>
Nama      : Bang Johnes
Pekerjaan : Blogger
</pre>


Dari kode diatas maka akan tampil seperti ini

Nama      : Bang Johnes
Pekerjaan : Blogger

Sama persis dengan yang ada di kode bukan ? itulah enaknya menggunakan tag pre, biasanya tag pre juga saya pake waktu dulu sering main deface web, kan bikin gambar-gambar asci keren gitu dari perpaduan berbagai karakter, kalo gag menggunakan tag pre hasilnya malah ancur.

Oke semoga bermanfaat..

22.13 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Meluruskan Titik Dua Pada Form HTML.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar