Walaikum salaaammm.....
setelah sekitar 3 hari saya gag pos,kini saya share lagi tentang algoritma, masih inget kan di pos sebelumnya, saya kasih cara enjoy menjadi hacker, dan di situ yaahhh... saya menjelaskan
bahwa kita juga harus belajar pemrograman, namun jangan berfikir untuk jadi programer handal, disini tidak dikupas tuntas, disini hanya bimbingan dasar untuk para pemula,
sehingga mereka bisa belajar sendiri pada akhirnya, tau kan susahnya belajar dari awal tanpa guru, nah berawal dari perasaan seperti itu saya berniat untuk membantu para pemula
yang masih benar-benar tidak mengerti apa-apa, hingga bisa belajar mandiri, ingat hanya sampai bisa belajar mandiri, bukan sampek jadi mastah :v karna di dunia ini tidak ada yang namanya mastah :v
ada 4 jenis orang di dunia perhackingan,ada mastah merendah, ada newbie, ada newbie sok pro, ada newbie yang sok merendah biar dikira mastah yang merendah :D itu hanya sekedar candaan saja, tapi ada juga tingkatan hacker mulai dari lamer hingga elit, baca di pos selanjutnya.
nah sebelum belajar coding nya alangkah baiknya kalau kita belajar algoritma dulu, tapi sebelumnya saya mohon maaf jika pembahasannya kurang lengkap atau ada beberapa kesalahan,pos ini tidak akan mengupas tentang algoritma secara tajam setajam SheLite , karna blog ini memang bukan di fokuskan untuk bidang pemrograman tetapi bidang perhackingan, yahh
walau sebenar nya dunia hacking tidak bisa jauh jauh dari pemrograman.
nah sekilas bahasan tentang algoritma yang saya kupas dengan silet karatan ...
Algoritma.... tau algoritma gag ? yaa.. urutan atau langkah-langlah logis menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara secara sistematis . algoritma ini di temukan oleh seorang pria bernama ibn musa al-khwaririzmi,nih fotonya
dia adalah ilmuan islam yang kebanyakan karyanya dalam bidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi. Al-khwarizmi menjadi algorithm dalam bahasa ingris, dan jika di terjemahkan ke bahasa indonesia menjadi algoritma. ada 4 kompetensi dasar dalam pembelajaran ini diantaranya
Algoritma.... tau algoritma gag ? yaa.. urutan atau langkah-langlah logis menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara secara sistematis . algoritma ini di temukan oleh seorang pria bernama ibn musa al-khwaririzmi,nih fotonya
dia adalah ilmuan islam yang kebanyakan karyanya dalam bidang matematika, astronomi, astrologi, dan geografi. Al-khwarizmi menjadi algorithm dalam bahasa ingris, dan jika di terjemahkan ke bahasa indonesia menjadi algoritma. ada 4 kompetensi dasar dalam pembelajaran ini diantaranya
- variabel
- konstanta
- tipe data
- membuat algoritma/logika alur pemrograman
- Variabel
variabel adalah tempat menyimpan data sementara, variabel terdiri dari nama(identifier) dan nilai. sebagai contoh
Nama : sutoyo
kelas : XII
Jurusan :penerbangan
dalam contoh diatas bisa kita lihat Nama,Kelas,Jurusan merupakan nama variabel, sedangkan sutoyo, XII, penerbangan merupakan nilai nya.
dalam memberikan nama variabel tidak boleh asal asalan, sebenarnya boleh asal asalan asalkan masih mengikuti aturan yang di berlaukan oleh masing masing bahasa pemrograman,
namun rata-rata setiap bahasa pemrograman memiliki beberapa kesamaan dalam kriteria penulisan variabel, diantaranya sbg berikut
Konstanta
Sama halnya dengan variabel, konstanta ini juga tempat menyimpan data, tapi di khususkan untuk data yang nilainya tetap,
misalnya pi = 3.14 dalam hal ini pi akan selalu bernilai 3.14 . untuk penulisan pun sama saja dengan variabel.
Tipe Data
tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.
Setiap variabel atau
konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti
tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan
sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori
komputer).
ada banyak tipe data dalam setiap bahasa pemrograman, secara umum berikut daftar tipe data
Struktur dan pembuatan Algoritma pemrograman
Udah tau kan pengertian algoritma, yaahh urutan atau langkah-langkah logis menyelesaikan suatu masalah,masalah dapat berupa apa saja,
dengan catatan untuk setiap masalah ada syarat kondisi awal yang harus di penuhi. berikut contoh algoritma untuk menghitung luas persegi
1. Start.
2. baca data alas dan tinggi.
3. luas adalah alas kali tinggi.
4. tampilkan luas.
5. selesai.
untuk cara penulisan algoritma di bagi menjadi 3
nah itu dia 4 point penting dalam belajar algoritma pemrograman dasar, semoga bermanfaat ^_^ sampai jumpa dan salam olah raga...
tinggalkan Jejak jing o_o
- Nama variabel harus diawali huruf
- Tidak boleh menggunakan spasi, tapi bisa menggunakan unserscore "_"
- Tidak boleh menggunakan karakter, seperti .,+-*/<>()
- Tidak boleh menggunakan kata kunci dalam bahasa pemrograman,seperti halnya if,for, dll
- type data primitive Adalah Type data dasar yang tersedia secara langsung dalam sebuhah pemrograman. berikut adalah yang termasuk sebagai tipe data primitive.
- Numberic
digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk angka,jenis jenis yang masuk Numberic antara lain
- Integer(bilangan bulat)
- float(bilangan pecahan)
- Character Bersama dengan tipe data numeric , character merupakan tipe data yang paling banyak digunakan. Tipe data character kadang disebut sebagai char atau string . Tipe data string hanya dapat digunakan menyimpan teks atau apapun sepanjang berada dalam tanda petik dua ("...") atau petik tunggal ('...').
- Bolean Tipe data Boolean digunakan untuk menyimpan nilai True/False (Benar/Salah). Pada sebagian besar bahasa pemrograman nilai selain 0 menunjukkan True dan 0 melambangkan False. Tipe data ini banyak digunakan untuk pengambilan keputusan pada struktur percabangan dengan IF ... THEN atau IF ... THEN ... ELSE.
- Numberic
digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk angka,jenis jenis yang masuk Numberic antara lain
- tipe data compositeAdalah type data bentukan yang terdiri dari 2 atau lebih tipe data primitive.
- Array Array atau sering disebut sebagai larik adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel. Setiap lokasi data array diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.
- Record Seperti halnya Array, Record atau Struct adalah termasuk tipe data komposit. Record dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++. Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen).
- Image Image atau gambar atau citra merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual tipe data ini telah didukung dengan sangat baik.
- Date time Nilai data untuk tanggal (Date) dan waktu (Time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan baik tanggal maupun jam. Tipe data ini masuk dalam kelompok tipe data composite karena merupakan bentukan dari beberapa tipe data.
- lain-lain
- SE Structured English, yaa kayak contoh diatas itu dah tapi itu kan dalam bahasa indonesia jadi kita bisa ruba jadi SI :D
- Pseudocode yah mirip mirip lah dengan SI, pseudo berarti menyerupai, code berarti kode program, jadi penulisan nya mirip mirip kode program, jadi itu lah yang membedakan dengan SI/SE contoh : 1.start 2.read alas,tinggi 3.luas = alas*tinggi 4.Print luas 5.Stop
- dan yang ketiga adalah Flowchart Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan ( chart ) yang menunjukkan aliran ( flow ) di dalam suatu program secara logika. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentu notasi-notasi tertentu. untuk pembahasan lebih mengenai flowchart akan saya pisah di pos selanjutnya, karna walau gag di kupas tuntas pun pembahasan flowchart ini agag panjang dikit.
0 komentar untuk Algoritma Pemrograman Dasar.
Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar