Cara Mencari Dan Menemukan File Berdasarkan Isi Dengan Terminal Di Linux

Cara Menemukan File Berdasarkan Isi Filenya Dengan Terminal Linux


Cara menemukan file berdasarkan isi file
Jadi ceritanya kemarin saya mau melanjutkan garapan web design yang belom selesei. Dan aku ini pelupa banget jadi filenya hilang ntah kemana.

Dan hebatnya lagi aku lupa filenya aku kasih nama apa. Tapi untung saja aku ingat beberapa baris didalam filenya.

Di filenya itu ada link external gambar dari blogger "/w90-h90/md-image.png" jadi inilah saja baris yang aku yakin pasti ada di dalam file itu.

Berbekal satu baris itu aku mulai membuka terminal linux dengan menekan ctrl+alt+T, Lalu aku ketikan 
sudo find /opt/lampp/htdocs/ -iname "*.html" -print | xargs grep "/w90-h90/md-image.png"


 dan taraa... aku temukan fileku dan ternyata ada didalam folder htdocs, padahal rasanya sudah muter-muter di forlder itu tapi ndak ketemu juga, tapi ternyata memang ada disitu.

ket:
/opt/lampp/htdocs/ adalah directory yang aku yakin kalo filenya pasti disekitar situ, kalo mau mencari keseluruhan ganti saja dengan /

-iname "*.html" adalah seleksi berdasarkan nama, karna namanya aku lupa dan aku ingat itu file extensinya html jadi ditulis *.html

Sekian saja tutorial kali ini semoga bermanfaat.

03.43 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mencari Dan Menemukan File Berdasarkan Isi Dengan Terminal Di Linux.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar